Komunitas Jakarta Groups – Indonesia

NKRI HARGA MATI

•PROV PAPUA TIMUR

PROVINSI PAPUA TIMUR

 

Provinsi Papua merupakan provinsi yang terletak paling timur dari Kepulauan Indonesia. Provinsi ini memiliki wilayah yang sangat luas serta sumber daya alam yang berlimpah dan budaya tradisional yang beraneka ragam. Menurut letak geografisnya, Provinsi Papua berbatasan langsung dengan Negara Papua New Guinea di sebelah timur, sebelah barat berbatasan dengan Laut Seram dan Laut Banda, sebelah utara berbatasan dengan Samudera Pasifik dan sebelah selatan berbatasan langsung dengan Laut Arafura. Secara administratif provinsi ini terdiri dari 6 (enam) kabupaten, yaitu Kabupaten Merauke, Jayawijaya, Paniai, Nabire, Biak Numfor dan Kabupaten Sarmi dengan Jayapura sebagai ibukota provinsi.

Total PDRB Provinsi Papua pada tahun 2005 sebesar Rp. 22,23 triliun. Kontribusi terbesar datang dari sektor pertambangan dan penggalian yaitu sebesar Rp. 14,34 triliun atau sekitar 64,5%, dari total PDRB, kemudian disusul oleh sektor pertanian sebesar Rp. 3,08 triliun, (13,8%), serta sektor jasa-jasa sebesar Rp. 1,21 triliun atau (5,5%). Secara umum, perkembangan PDRB Papua dapat dilihat pada grafik disamping.

Provinsi ini memiliki unggulan untuk sektor pertanian dan sektor pertambangan. Komoditi unggulan dari sektor pertanian dihasilkan oleh sub sektor perkebunan dan perikanan yaitu karet, kakao, kopi, kelapa sawit dan kelapa. Untuk sektor pertambangan terdiri dari pertambangan minyak bumi dan pertambangan non migas. Lebih dari 60% perekonomian Papua ditunjang dari sektor ini khususnya dari hasil tembaga, emas, dan migas.

Volume ekspor provinsi ini mencapai 10,12 juta ton dengan nilai ekspor US$ 2,66 miliar lebih. Kontribusi terbesar didapat dari ekspor hasil tambang yang mencapai US$ 2,62 miliar atau sekitar 98,69% dari total nilai ekspor, disusul minyak dan lemak nabati/hewani senilai US$ 21,84 juta (0,82%) dan bahan makanan serta binatang hidup US$ 8,38 juta (0,31%).

Untuk menunjang kegiatan investasi di provinsi ini terdapat KAPET Biak dan Kawasan Industri Arar, juga terdapat 10 (sepuluh) pelabuhan laut yaitu Merauke, Nabire, Pomako, Serui, Biak, Bade, Agats, Sarmi, Waren dan Jayapura serta 23 (dua puluh tiga) bandar udara. Perkembangan sarana dan prasarana penunjang perekonomian di Provinsi Papua dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Sumber : http://www.facebook.com/group.php?gid=115802595116113

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: